Terus Meroket, Cabai Rawit Tembus Rp140 Ribu

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Harga Cabai rawit di Pasar tradisional masih terus meroket. Bumbu dapur yang terkenal dengan rasa pedasnya ini terus menunjukkan harga semakin tinggi dari awal.

Sebelumnya, cabai rawit berada di kisaran harga 120 untuk tiap kilogramnya. Namun, kini harga cabai rawit menyentuh di angka 140 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban, Rumiyatun mengatakan, memang harga cabai rawit terus menunjukkan kelonjakan harga. Terakhir ini, cabai rawit mengalami peningkatan harga sebesar 20 ribu dari harga sebelumnya.

“Sebelumnya harga per kilogramnya sebesar 120 ribu, sekarang menjadi 140 ribu,” ujarnya kepada blokTuban.com (Selasa, 28/2/2017)

Meski demikian, Atun sapaan akrabnya menambahkan, walau harga cabai rawit terus naik tetapi masyarakat terus saja memburuh bahan dapur berasa pedas ini. Sebab, cabai merupakan salah satu bumbu penting yang digunakan untuk memasak.

“Meski mahal ya tetap diburu, karena sudah menjadi kebutuhan keluarga,” tuturnya.

Sementara itu ditempat yang sama, seorang pembeli, Tatik Alfiah menyatakan, meski harga cabai terus meroket, namun dia tetap membelinya karena sudah menjadi kebutuhan bumbu dapur. Walaupun diakuinya pembelian terhadap cabai rawit itu berkurang.

“Misalnya sebelum harga cabai rawit naik setiap membeli 1 kilogram, namun sekarang berkurang,” pungkasnya.[nok/ito]