Reporter: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban akan membangun irigasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, telah dialokasikan Rp 8 miliar pada tahun anggaran 2017 ini.
 
Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Gaguk Sudarmono, menjelaskan pembangunan irigasi akan dilakukan pada 12 kecamatan di Kabupaten Tuban. Tujuannya tidak lain untuk mengoptimalkan produksi bidang pertanian.
 
"Pembangunan infrastruktur pertanian itu diharapkan pengairan sawah petani bisa tepat sasaran yang  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah," kata Gaguk.
 
Seperti diketahui, tahun ini target produksi pangan dipatok 580 ribu ton. Target itu meningkat 3 persen dibanding sebelumnya. Pada tahun 2016 produksi padi Kabupaten Tuban mencapai 540 ribu ton, dengan luas tanam mencapai 92 ribu hektare.
 
"Dengan dibangunnya irigasi, pengairan semakin lancar, sehingga swasembada pangan bisa tercapai dengan baik,” tambahnya.
 
Diketahui, 12 kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Jatirogo, Jenu, Kenduruan, Merakurak, Parengan, Plumpang, Rengel, Semanding, Singgahan, Tambakboyo, Widan dan Tuban.[dwi/ito]