Delapan Desa Ring 1 SI Belum Bentuk BUMDes

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Delapan Desa Ring 1 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban tercatat belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Camat Kerek, Rohman Ubaid saat ditemui blokTuban.com mengatakan, di Kecamatan Kerek baru Desa Tengger Wetan, sedangkan untuk desa-desa yang berada di wilayah ring 1 PT. Semen Indonesia belum ada yang memiliki BUMDes.

Ia mengaku, untuk saat ini pihaknya bersama dengan pemerintah desa masih terus melakukan kajian, tentang jenis usaha atau potensi desa yang tepat untuk dijadikan sebagai BUMDes.

"Untuk desa Ring 1 kami dan pihak desa terkait masih melakukan kajian, apa jenis usaha yang tepat untuk dibentuk BUMDes" kata Camat Kerek kepada blokTuban.com, Selasa (21/2/2017).

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, delapan desa tersebut adalah Desa Sumberarum, Kedungrejo, Mliwang, Karanglo, Gaji, Kasiman, Jarorejo dan Margorejo.

Rencananya, tambah Camat, apabila pengkajian tersebut sudah membuahkan hasil, maka desa ring 1 bisa bekerjasama dengan PT. Semen Indonesia dengan membantu permodalan, pembinaan maupun pemasaran dari BUMDes yang dihasilkan.

"Pembentukan BUMDes di Ring 1 bisa bekerja sama dengan PT. Semen Indonesia dalam bentuk permodalan, pembinaan dan pemasaran," tambah Camat. [hud/rom]

*Foto insert.net