Ditinggal Jemur Gabah, Dapur Warga Pakel Kebakaran

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Si Jago Merah melalap sebagian dapur rumah milik salah satu warga RT/5 RW/1 Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat (17/2/2017).

Kejadian berawal saat pemilik rumah sedang menjemur gabah di depan rumah. Namun, saat menjemur gabah tersebut salah satu tetangganya yakni Warti, meneriakinya dan memberitahu kalau dapurnya terbakar dan banyak asap mengepul.

Pemilik dapur, Dwi Astutik (28) mengatakan, kebakaran yang menghanguskan sebagian dapur rumahnya itu, pertama kali diketahui oleh tetangganya yang bernama Warti sekitar 10.30 WIB.

"Saat itu saya sedang menjemur gabah, sehingga tidak mengetahui asal api itu," kata Dwi Astutik kepada blokTuban.com.

Tutik mengaku, sebelum terjadi kebakaran, dia memasak di tungku atau pawon. Saat ditinggal menjemur gabah, dia sudah selesai masak dan api di tungkunya sudah padam.

Namun dari bekas memasak pagi hari itu, diduga terdapat arang yang masih berapi. Sehingga, api merambat ke dinding dapur yang terbuat dari bambu dan menjalar di bagian atas dapur yang saat itu masih ada puluhan ikat jagung.

Mengetahui hal itu, ia langsung meminta tolong warga untuk memadamkan api. Selain warga, ada pula personel kepolisian dari Polsek Montong.

"Tidak berlangsung lama api langsung bisa dipadamkan oleh warga," tandas pemilik dapur.

Kejadian itu tidak sampai ada korban jiwa, namun diperkirakan kerugian materiel kurang lebih mencapai Rp500.000.[hud/col]