Puluhan Warga Selogabus Berebut Ikan di Sawah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan warga Dusun Juwet, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Rabu (15/2/2017), saling berebut ikan di sawah bekas tanaman padi.

Dengan membawa peralatan menangkap ikan atau warga sekitar menyebutnya Susuk, puluhan warga tersebut, mencari dan saling berebut ikan di tengah-tengah sawah penuh lumpur yang telah selesai dipanen.

Salah satu warga yang ikut berebut ikan Masran (51) ia menyebutkan, ikan jenis Nila dan Bader (Bandeng) ini bukan pemberian warga, namun ikan-ikan ini merupakan bawaan dari Kali Kening yang beberapa minggu lalu meluap.

"Kemarin sawah ini beberapa kali terendam banjir, setelah padinya dipanen ternyata ikannya banyak" kata Masran kepada blokTuban.com.

Lanjut Masran, mulai sekitar pukul 09.00 WIB tadi ia dan warga yang lain berebut ikan, tak pelak dengan membawa susuk para warga mendapatkan puluhan ikan jenis Nila, dan Bader yang kemudian akan dibuat lauk.

Terpisah warga lain, Ngadenan (45) mengatakan hal senada dengan Masran, ikan-ikan ini merupakan bawaan saat banjir kemarin. Warga setiap tahun melakukan pencarian ikan, namun warga baru berani mencari ikan setelah padinya dipanen.

"Pemiliknya baru saja memanen, sehingga baru berani mencari ikan di tengah-tengah parit," tambah Ngadenan.[hud/ito]