Tanggul Sudah Diperbaiki, Dipastikan Hasil Panen Maksimal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim ini, petani Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban, tepatnya petani yang berada di bantaran sungai Avour Jambon tidak lagi dibuat resah. Pasalnya tanggul sungai yang sering jebol tersebut kini telah diperbaiki, sehingga dipastikan musim ini hasil panen bisa maksimal.

Menurut salah satu petani Desa Sumurgung, Damping (50) mengaku, tahun ini tanaman padi miliknya yang sudah berumur sekitar 65 hari itu kondisinya bagus, berberbeda dengan tahun-tahun yang lalu saat diterjang banjir.

"Sekarang tanaman padi yang akan dipanen sekitar 20 hari lagi kondisinya bagus, hamanya juga tidak begitu banyak," kata Damping saat mengusir burung di petak sawahnya, Selasa (14/2/2017).

Ia memastikan musim ini hasil panen nanti akan maksimal. Sebelumnya, saat diterjang banjir petak miliknya yang mempunyai luas seperempat hektar hanya panen kurang lebih 5-7 kwintal. Namun musim ini dipastikan hasil panen akan maksimal dan memperoleh hasil 2,8 ton.

"Dipastikan musim ini hasil panen milik saya bisa maksimal," ujarnya.

Terpisah petani lain, Kardi mengatakan, saat ini kondisi tanaman padinya bagus dan hama juga tidak ada. Dapat dipastikan apabila tidak ada banjir seperti tahun lalu hasil panen bagus, dan lahan seperempat hektar bisa memperoleh 3 ton.

"Tanggul sudah diperbaiki, dapat dipastikan apabila tidak banjir hasil panen maksimal," pungkasnya. [hud/rom]