KKN STAI Al Hikmah Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mahasiawa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Participatory Action Reserch (PAR) 2017 STAI AL HIKMAH TUBAN, mengadakan pelatihan pengelolaan sampah, Selasa (14/2/2017).

Pelatihan pengelolaan sampah dengan tema 'Menikmati Sampah' tersebut diselenggarakan di Balai Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

Acara yang dibuka oleh kepala Urusan Ekonomi dan Keuangan Desa Mojomalang, Jupri, turut dihadiri oleh Rizal Zubaid Firdausi dari LSM IDFos sebagai pemateri, hadir pula Al Mas'udah dosen pendamping lapangan, dan puluhan ibu-ibu Desa Mojomalang.

Dosen pendamping lapangan, Al Mas'udah mengatakan, dengan adanya pelatihan pengelolaan sampah ini semoga Desa Mojomalang bebas dari sampah, serta untuk mencegah global worming.

"Target dari pelatihan ini Desa Mojomalang bebas dari sampah, dan mendaur ulang sampah bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, juga membayar listrik dengan sampah dan mencegah global worming, karena sampah plastik butuh ratusan tahun untuk bisa terurai," kata Al Mas'udah kepada blokTuban.com.

Selanjutnya, dengan adanya pelatihan ini terbentuklah kepengurusan komunitas sampah, KKN STAI Al Hikmah terus melakukan pendampingan dan membuat bank sampah.

"Diharapkan kedepanya terbentuklah bank sampah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," tambahnya. [hud/rom]