Aparat Gabungan Sidak Toko Modern di Rengel

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bertepatan peringatan hari Valentine, aparat gabungan dari Jajaran Kepolisian Sektor Rengel Polres Tuban bersama TNI Koramil Rengel dan Satpol PP Kecamatan Rengel melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pertokoan modern di wilayah Rengel, Selasa (14/2/2017).

Razia tersebut, kata Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Musa Bakhtiar, guna mengendalikan peredaran alat kontrasepsi (kondom). Kegiatan dilakukan dengan menyisir swalayan dan minimarket.

"Bertepatan dengan momentum hari Valentine, hal ini sebagai langkah antisipasi. Yang mana, momentum ini kerap kali diperingati oleh muda-mudi dengan melakukan aksi yang menyimpang," ujar Musa.

Kemungkinan terburuk atau hal negatif bisa saja terjadi di kalangan remaja. Sebab peringatan hari kasih sayang, begitu diikenal remaja, terkadang dalam menyambut valentine melakukan seks bebas.

Penyisiran satu demi satu pertokoan dilakukan dan dari sejumlah swalayan, petugas menemukan beberapa merek alat kontrasepsi. Pengelola dan karyawan diberikan himbauan agar selektif menjual alat kontrasepsi, khususnya kepada remaja.

Petugas meminta kepada pegawai swalayan agar lebih berhati-hati melayani pembelian alat kontrasepsi. Sehingga aksi-aksi asusila khususnya bertepatan dengan momentum hari valentine ini dapat diminimalisir.

"Selain itu, kita menyampaikan kepada karyawan agar selektif dan dapat menilai pembeli alat kontrasepsi, jika dinilai masih remaja lebih baik tidak perlu dilayani," sambungnya.

Lebih lanjut, AKP Musa menghimbau kepada para remaja khususnya di wilayah Rengel, agar tidak merayakan hingar bingar hari valentine ini dengan hal yang negatif.

"Valentine bukanlah budaya bangsa, kami harapkan kepada para remaja yang memperingatinya agar tidak larut dan melakukan perbuatan menyimpang, yang justru akan merugikan diri sendiri," pungkas mantan Kasat Lantas Polres Sumenep ini. [dwi/rom]