Perguruan Pencak Silat Rencanakan Bentuk Paguyuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Forum Pimpinan Kecamatan Singgahan gelar rapat pertemuan antar perguruan silat di ruang auditorium kecamatan setempat, Kamis (9/2/2017). Tampak hadir dalam rapat tersebut, Camat Singgahan yang didampingi, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Singgahan, Komandan Rayon Militer (Danramil), Kasi Trantib, dan delapan perwakilan perguruan Pencak Silat se-Kecamatan Singgahan.

Camat Singgahan, R. Moch Dani Ramdani menjelaskan, tujuan utama rapat konsolidasi saat ini untuk membentuk sebuah wadah insan perguruan Pencak Silat semacam paguyuban. Dengan itu, harapannya nanti dari paguyuban antar perguruan bisa membawa kemaslahatan.

"Di Singgahan potensi Pencak Silat sangat luar biasa. Maka sangat disayangkan jika tidak di wadahi," ungkap Mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Montong itu, Kamis (9/2/2017).

Sementara Kapolsek Singgahan, AKP Totok Wijianarko menyampaikan, sebagai aparat keamanan sangat setuju dan mengapresiasi adanya rencana pembentukan paguyuban antar organisasi perguruan. Setelah semua insan Pencak Silat terhimpun dalam paguyuban, kita berharap ada ikrar untuk perdamaian.

Selain itu, anggota Pencak Silat juga identik dengan kepemudaan. Sehingga dengan hubungan kegiatan pemuda, setiap anggota bisa menjadi pelopor taat hukum.

"Perwakilan yang hadir kita harap bisa membantu pihak Kepolisian dalam penegakkan hukum di wilayah Singgahan untuk menjaga Kamtibmas," harap Kapolsek ketika memberi sambutan.

Danramil Singgahan, Sudiono menambahkan, dengan adanya rencana pembentukan paguyuban, pihaknya menilai akan membawa manfaat besar bagi masyarakat. Setelah terbentuknya paguyuban juga diharapkan terbentuk satuan untuk menjadi perwakilan dari setiap organisasi terlibat dalam setiap kegiatan.

"Kami sangat yakin rencana ini akan membawa manfaat bagi masyarakat Singgahan, khususnya masing-masing anggota perguruan," imbuh Danramil.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, beberapa perwakilan perguruan Pencak Silat yang hadir antara lain, Pencak Organisasi (PO), IKSPI Kera Sakti, Rumpun Setia Hati (SH), Pagar Nusa (PN), Marga Luyu (ML) 151, PSH, ASAD dari LDII, dan PSHT.[rof/ito]