Perusahaan Diminta Sisihkan CSR untuk BUMDes
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Pelaksana tugas (Plt) Camat Senori, Moch. Arifuddin meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta di wilayah Kecamatan Senori menyisihkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimilikinya untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
 
"Kita berharap perusahaan pemerintah maupun swasta yang berdiri di Kecamatan Senori bisa menyokong dana lewat CSRnya untuk pembentukan maupun pengembangan BUMDes," ungkap Arif ketika ditemui blokTuban.com, Kamis (2/2/2017) di kantornya.
 
Menurut Arif, BUMDes juga perlu diberdayakan susai undang-undang yang berlaku. Perusahaan bisa bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA).
 
Dicontohkan Arif, saat ini para tokoh pemuda Desa Banyuurip sedang mengembangkan destinasi wisata pedesaan. Potensi wisata yang berada di Ring Satu Distrik Kawengan itu, mulai digarap untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat.
 
"Di Desa Banyuurip anggota karang taruna sedang menggagas desa wisata. Nah BUMDes bisa menyalurkan dana CSR untuk pengembangannya," pungkas Arif.
 
Diberitakan sebelumnya, di Kecamatan Senori yang merupakan daerah penyumbang energi di Indonesia baru memiliki tiga BUMDes. Sembilan desa belum memiliki termasuk desa yang sedang dieksploitasi minyaknya. [rof/col]