Ingin Produksi Padi Melimpah? Ini Caranya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hasil produksi padi yang melimpah tentu jadi idaman para petani. Hal itu bisa di capai dengan cara intensif mempelajari proses bertani yang baik dan benar.

Dewasa ini, proses bertani atau budidaya pertanian dalam hal tanam padi menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat tani. Bagaimana tidak? Beras menjadi salah satu produk yang sangat penting, ini dikarenakan beras menjadi produk yang termasuk pada Sembilan bahan pokok.

"Ketika petani punya cita-cita hasil produksi tinggi, maka mereka harus tau prosesnya," ujar Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Bangilan, Rico Damai S, Senin (30/1/2017).

Dijelaskan Rico sapaan akrabnya, banyak hal yang mempengaruhi proses meningkatnya produksi padi. Pertama, dari penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat sasaran, pengairan yang tepat, pengendalian hama penyakit, dan pola tanam yang tepat.

Pada saat ini, imbuh dia, ada cara yang bisa di tempuh oleh petani dalam proses meningkatkan produksi padi. Salah satu yang bisa dipilih yaitu dengan cara tanam pado dengan sistem 'Jajar Legowo'.

Tujuan utama dari tanam padi dengan Sistem Jajar Legowo, kata Rico, bisa meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi. Dari sistem tersebut, tanaman padi yang ditanam seolah-olah berada di pinggir (tanaman pinggir) semua.

"Berdasarkan pengalaman, tanaman padi yang berada di pinggir akan menghasilkan produksi padi lebih tinggi dan kualitas dari gabah yang lebih baik. Hal itu dikarenakan tanaman padi di pinggir akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak," tandas Rico.[rof/ito]