Tahun Ayam Api, ini yang Harus Diwaspadai

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tahun Monyet Api 2016 akan segera berlalu. Mulai 4 Februari penanggalan akan digantikan dan tahun Ayam Api atau tahun baru umat Konghucu, ada beberapa hal penting perlu diwaspadai.

Kendati Imlek jatuh pada 28 Januari 2017, namun awal tahun Ayam Api akan terhitung awla bulan depan. Ayam merupakan unsur Logam Yin. Dengan demikian, Ayam Api merupakan pertemuan antara elemen Logam dan Api.

"Harapannya kedepan pada tahun ayam api tetap dapat menciptakan kemakmuran. Namun masih akan ada persaingan. Setelahnya, seperti ayam yang kalah bertarung yang kalah nanti akan mendukung yang menang," kata Ketua Umum TITD Kwan Sing Bio, Gunawan Putra Wirawan.

Seperti diketahui, Logam dan Api merupakan pasangan elemen yang tidak harmonis (clash). Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa 2017 akan didominasi oleh ketidakharmonisan dalam berbagai jenjang.

"Untuk Indonesia dalam sisi kemananan diharapkan tetap stabil, aman dan lebih maju di perayaan Imlek ke 2568," katanya menambahkan.

Oleh karena itu, di tahun Aya. Api perlu ditingkatkan terus kewaspadaan. Ketidakharmonisan ataupun mengisyaratkan adanya bencana alam dapat diwaspadai dan dilakukan upaya perbaikan baik hubugan antar sesama dan hubungan dengan alam.[dwi/ito]