Atraksi Barongsai dan Leang Leong Hibur Pengunjung KSB

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ribuan pengunjung datangi kawasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB), Sabtu (28/1/2017). Diperkirakan hampir 2.000 pengunjung sengaja mendatangi klenteng yang diklaim terbesar Se-Asia Tenggara tersebut.

"Kami persembahkan atraksi barongsai dan leang leong agar mereka (pengunjung, red) yang datang bisa ikut menonton," kata Ketua umum Titd Kwan Sing Bio, Gunawan Putra Wirawan.

Atraksi tarian yang memakai kostum menyerupai naga tersebut sukses menarik minat pengunjung. Pemain barongsai yang terdiri dari dua atau tiga orang memakai kostum berupa warna, dari merah kuning dan hitam menunjukkan kepiawaiannya. Mereka berputar, melompat dan terkadang beradu jurus di depan ratusan mata pengunjung.

Selain itu, terdapat atraksi leang leong tidak kalah menarik. Naga dengan tongkat yang gerakkan sembilan orang tersebut menunjukkan gerakan layaknya naga betulan. Ditambah tabuhan dari alat musik khas, tiap gerak gerik pemain seirama dengan bunyian yang dikeluarkan.

Salah seorang pengunjung, Lina (29) nampak antusias menikmati pertunjukan. Bahkan ia mengabadikan pertunjukkan khas perayaan Imlek tersebut dengan telepon pintar miliknya.

"Sekalian liburan mengajak anak-anak ke sini (Klenteng Kwan Sing Bio, red), katanya.

Pertunjukan barongsai dan leang leong menjadi hal yang ditunggu-tunggu ketika ada perayaan Imlek. Ribuan pengunjung berbondong-bondong dari berbagai latar agama, golongan dan budaya turut menyaksikan atraksi epik yang konon dipercaya dapat mengusir roh jahat tersebut.[dwi/ito]