Warga Ngandong Tangkap Ular Piton Sepanjang 4 Meter

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ular piton atau yang sering disebut sebagian besar warga dengan sebutan Ular Sowo Kembang berhasil ditangkap warga Dusun Ngesong, Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kamis (26/1/2017).

Ular yang ditangkap beramai-ramai itu mempunyai panjang sekitar 4 meter dan berat kurang lebih 13 kilogram, dengan warna kulit coklat hitam bermotif bunga.

Menurut keterangan warga, ular tersebut pertama kali diketahui oleh pemilik ladang jagung di kawasan bebatuan. Lalu setelah mengetahui ular berukuran besar itu, pemilik ladang langsung memanggil warga lain, lalu beramai-ramai menangkapnya.

"Awalnya, Suwiknyo pemilik ladang jagung yang mengetahui, lalu ia memanggil warga dan dengan beramai-ramai ular berukuran besar itu berhasil ditangkap," ungkap Tarji (52) pawang ular Desa Ngandong, Jumat (27/1/2017).

Lanjut Tarji, saat musim penghujan seperti ini memang sering ular berukuran besar muncul, dari kawasan hutan dan tebing-tebing. Kemungkinan ular tersebut muncul akan mencari makanan di sekitar permukiman.

Untuk sementara ini, ular tersebut masih dirawat di rumah sang pawang RT/5 RW/2 Dusun Ngesong dan rencananya akan diserahkan di kebun binatang atau ke pecinta binatang.

"Rencananya ular ini akan saya serahkan kepada pecinta binatang, atau ke kebun binatang," kata Tarji. [hud/col]