Pelelangan TPI Bulu Diupayakan Kembali Beroperasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com – Tidak beroperasinya pelelangan di TPI Bulu Kecamatan Bancar secara maksimal, patut mendapatkan perhatian dari Dinas terkait. Pasalnya, pelelangan yang bertempat diatas aset Pemprov Jatim itu hanya melelang tangkapan nelayan payang, sedangkan pelelangan untuk nelayan purse sein tidak berjalan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, M.Amenan mengatakan, memang saat ini pelelangan di TPI Bulu belum berjalan secara maksimal. Namun pihaknya akan mengupayakan agar pelelangan bisa kembali seperti semula.

Menurutnya, jika pelelangan bisa beroperasi secara maksimal, maka baik secara langsung atau tidak langsung nantinya akan bermanfaat bagi nelayan setempat. Mungkin bisa dari faktor ekonomi masyarakat nelayan akan membaik, atau ada manfaat lainnya.

“Kita akan upayakan untuk beroperasi kembali, kita akan cari solusi atas permasalahan yang ada,” ujar Amenan kepada blokTuban.com (Selasa, 24/1/2017)

Lebih lanjut Mantan Kabag Kesra Pemkab Tuban itu menjelaskan, mengenai permasalahan yang ada dilokasi pelelangan tersebut akan dipahami lebih mendalam, tentu dengan tujuan mencari akar permasalahan yang ada.

“Akan kita kaji dulu masalahnya, yang jelas secara garis besarnya kita akan upayakan pelelangan berjalan kembali untuk semua jenis nelayan,” pungkasnya.[nok/ito]