Harga Cabai Enggan Turun, Bawang Merah Anjlok

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hingga menjelang akhir Januari, harga cabai di pasar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban masih enggan turun. Berbeda dengan bawang merah, justru saat ini lagi turun-turunnya lantaran petani lokal memasuki masa panen.

Salah seorang pedagang di pasar Pemkab Tuban yang berlokasi di Kecamatan Bangilan, Ma'ruf (48) mengatakan harga cabai rawit merah dari petani lokal masih dipatok Rp95.000. Sementara cabai rawit hijau dijual Rp50.000 dan cabai merah panjang diharga Rp45.000 per kilo.

"Sampai saat ini harga cabai masih cukup tinggi, padahal petani sudah mulai panen," kata Ma'ruf saat ditemui blokTuban.com di kiosnya, Sabtu (21/1/1017).

Berbeda dengan komuditas bawang merah, menurut pedagang asal Kedungmulyo itu justru harga bawang merah saat ini anjlok tinggal Rp20.000 sampai Rp25.000 perkilogram. Kata dia, turunnya harga lantaran stok cukup memadai karena lagi musim panen.

"Penurunan (bawang merah, red) sudah beberapa waktu lalu, sampai saat ini belum naik," tandasnya.

Tingginya harga cabai rawit tidak sedikit warga yang beralih ke cabai kering. Berdalih harga lebih murah, cabai kering juga kualitas rasa tetap sama pedasnya. "Harga rumahan cabai masih tinggi, beli satu ons saja Rp6000," imbuh ibu rumah tangga, Saminah (33).[rof/ito]