Baru...Ada Cerita Rakyat di Sabtu Pagi

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Salam bloKers. Ada rubrik baru yang akan menemani Anda menghabiskan waktu di akhir pekan. Rubrik Cerita Rakyat Tuban akan menjadi teman baru bagi pembaca di setiap Sabtu pagi.

Tim dari www.blokTuban.com, akan berusaha menggali cerita-cerita yang sudah berkembang di tengah masyarakat secara turun-temurun. Harapannya agar kisah tutur itu bisa terarsip dan terdokumentasi, dan tetap menjadi bagian dari khazanah lokal yang tidak tergerus zaman begitu saja.

"Cerita rakyat akan digali semampu kami, supaya tidak hilang di ingatan generasi muda," terang Pimpinan Redaksi blokTuban.com, Edy Purnomo, Sabtu (21/1/2016).

Mendokumentasikan cerita rakyat bagi redaksi merupakan upaya pelestarian cerita-cerita tutur (folklor), menganggap sebagai bagian yang pernah ada di tengah masyarakat, tanpa ada tendensi apa pun dengan keberadaan mitos-mitos dan legenda yang mungkin menyertainya.

Bagaimanapun juga, kemampuan awak redaksi masih terbatas buat merangkum semua cerita rakyat di Tuban. Untuk itu, kami mengundang pembaca untuk ikut berpartisipasi. Baik dengan ikut mengabarkan, membantu menggali data, atau bahkan ikut menulis bersama kami.

Cerita rakyat bisa berkait dengan banyak hal: asal usul desa, asal usul tempat, cerita tentang tradisi masyarakat, atau cerita-cerita lain.

Tunggu apalagi? segera bantu kami mengumpulkan cerita-cerita dari seluruh penjuru Tuban. Salam. [col]