Dukung Program Pemerintah, Pemdes Siap Bentuk BUMDes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban mendukung penuh program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 2017 yang berfokus pada peningkatan ekonomi desa. Kegiatan tersebut dari sektor usaha dan pertanian, serta pembentukan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Kepala Desa Sugihan, Suharto mengatakan, dengan adanya Dana Desa (DD) sudah saatnya tahun ini desa didorong mandiri dengan pembentukan BUMDes. Masyarakat perlu didukung untuk bisa membuat sebuah usaha yang mandiri dan berpenghasilan.

"Tahun 2017 sudah kita rencanakan tinggal menunggu keputusan musyawarah di tingkat kecamatan," ungkap Suharto saat ditemui blokTuban.com di kantornya, Jum'at (20/1/2017).

Suharto menandaskan, untuk menindaklanjuti rencana pemerintah, pihaknya sudah melakukan tahapan-tahapan yang sudah diundangkan. Pemerintah Desa Sugihan beserta masyarakat juga telah selesai melakukan Musrenbangdes, saat ini memasuki tahap perencanaan.

Imbuhnya, sejaka Undang-Undang (UU) No 6/2014 tentang Desa berlaku, BUMDes dinilai menjadi pilar kegiatan ekonomi desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. Pemdes juga yakin adanya pagu Dana Desa dan ADD yang lebih dari 1 miliar, BUMDes tahun ini bisa terbentuk.

"Program BUMDes Sugihan tahun ini sudah kita masukan ke Rencana Anggaran Belanja dan Pendapatan Desa (RAPBDes) 2017," tegasnya.

BUMDes yang merupakan lembaga komersial, dibidik sebagai salah satu program strategis Pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi kerakyatan di desa. Untuk itu, menurut ketua asosiasi kepala desa se Kecamatan Jatirogo itu, BUMDes harus berpihak pada kepentingan masyarakat.

"BUMDes nantinya murni dikembangkan masyarakat, perangkat desa sebagai kontrol," pungkasnya.[rof/ito]