Warga Bulurejo Undi Nama Isi Lowongan di JOB PPEJ
Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat ini Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) membuka lowongan kerja kontrak. Dari kebutuhan sekitar 25 pekerja, kesempatan kerja dibuka untuk masyarakat yang berada di sekitar sumur minyak perusahaan tersebut.

Salah satu desa yang terlibat, Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban melakukan pengundian nama untuk mengisi jatah pekerja yang tersedia. Undian tersebut dilakukan layaknya mengundi arisan dan nama yang keluar mendapat kesempatan bekerja sebagai tenaga kerja kontrak di JOB PPEJ.

"Informasi dari kontraktor Desa Bulurejo mendapat jatah empat. Tiap dusun kita ambil satu," kata Kepala Desa Bulurejo, Yauri, Kamis (19/1/2017).

Alhasil, dari empat dusun yakni Dusun M, Bulu, Mejeruk dan Semutan diundi satu nama. Sebab yang mendaftar terdapat sekitar 100 orang, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dilakukan pengundian nama.

Saat dikonfirmasi, Administrastiont Superintendent (FAS) JOB PPEJ, Akbar Pradima mengatakan, memang lowongan pekerja kontrak saat ini dibutuhkan perusahaan yang beroperasi di Tuban dan Bojonegoro tersebut.

"Saat ini kami membutuhkan tenaga untuk perawatan sumur milik JOB PPEJ. Rekrutmen tenaga kerja tersebut sepenuhnya dilakukan antara warga dan kontraktor," katanya.

Saat ini, lanjut Akbar yang dibutuhkan tidak dalam jumlah banyak dan merupakan tenaga kerja unskill atau tidak dengan keahlian khusus. Sebab itu, tenaga kerja melibatkan warga lokal yang katanya sejak lima tahun belakangan ini dilakukan demikian.

"Yang penting kondisi pelamar dalam keadaan sehat dan mau bekerja keras yang dikontrak dalam waktu dua hingga tiga bulan," ujarnya.[dwi/col]