Tiga Tahun Berturut-turut Donasi BAZIS Naik Signifikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sejauh ini telah merevitalisasi kegiatan Badan Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh (BAZIS). Terhitung tiga tahun berurutan sejak 2013 hingga 2015 donasi yang diterima naik signifikan, yakni setiap tahun naik sekitar Rp1 miliar.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, sejak tahun 2013 dengan nominal masih kurang dari Rp1 miliar. Kemudian pada tahun 2014 mengalami peningkatan sekitar Rp1,5 miliar dan pada tahun 2015 naik signifikan hingga Rp2,8 miliar.

“Yang cukup menggembirakan pada tahun 2016 kemarin terkumpul Rp3,8 miliar lebih,” kata orang nomor dua di Kabupaten Tuban tersebut.

Selain itu, diketahui BAZNAS Tuban menyalurkan santunan kepada para fakir miskin dan anak yatim piatu yang termasuk dalam kategori fakir miskin. Selain itu, bantuan diberikan kepada korban bencana yang ada di Kabupaten Tuban.

"Total selama tahun 2016 sudah tersalurkan sekitar Rp2,2 miliar lebih, dan saldo pada tahun 2017 sebesar Rp1,5 miliar lebih," tandasnya.

Informasi yang diterima blokTuban.com, data program sosial prioritas BAZNAS Kabupaten Tuban tahun 2016 disalurkan ke sejumlah bidang dan lapisan masyarakat. Di antaranya disalurkan kepada masyarakat miskin untuk menjadi mandiri, bantuan kesehatan untuk warga fakir miskin, bantuan dana renovasi rumah fakir miskin, bantuan untuk kepentingan dakwah Islam.

"Serta beasiswa kepada putra putri dari keluarga miskin yang memiliki potensi untuk mengembangkan pendidikannya sampai ke perguruan tinggi," ungkapnya. [dwi/col]