Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban akan mempraktekkan atau mensimulasikan penanggulangan bencana akibat kegiatan industri migas. Dalam simulasi nanti akan melibatkan pula perusahaan Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ), Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dan Muspika Soko.

Diketahui, rencana simulasi Table Top Excercis penangulangan bencana kegagalan Teknologi Industri JOB PPEJ dilaksanakan pada 17 Januari 2017 mendatang. Bertempat di Balai Desa Rahayu, nantinya simulasi akan diikuti 100 orang.

Simulasi penanggulangan bencana akibat kegagalan teknologi JOB PPEJ di desa setempat merupakan agenda rutin tahunan. Dilakukannya simulasi menjadi hal yang wajib didapatkan warga yang tinggal di lingkungan perusahaan migas.

Menurut Camat Soko, Suwito, kegiatan simulasi ini perlu dilakukan di masyarakat. Namun, di sisi lain sampai saat ini masih terdapat permasalahan antara warga Desa Rahayu dengan perusahaan JOB PPEJ terkait pencairan dana kompensasi.

"Kami berharap Pemerintah Daerah akan membantu untuk lancarnya kegiatan nanti, karena dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat di masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Tuban, Emel Pancoro menyampaikan, terkait materi persiapan menyinggung beberapa hal penting menyangkut Desa Rahayu. Selain dominan pada pertanian, terdapat sumberdaya alam berupa kandungan migas. Namun tentunya ada dampak yang ditimbulkan adanya perusahaan migas di sana.

"Pihak perusahaan juga harus terbuka terhadap bencana yang berpotensi ditimbulkan dari kegiatan produksi perusahaan, serta adanya tanggap bencana atau desa siaga bencana juga harus dilatih," ujarnya

Mewakili masyarakat, Kepala Desa Rahayu, Sukisno mengatakan, simulasi menjadi hal wajib yang harus diterima dan dipraktekkan masyarakat. Sebab hal yang tidak diinginkan dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Terkait masalah dengan JOB PPEJ yang belum selesai, masyarkat diimbau untuk mengikuti simulasi nanti," pungkasnya. [dwi/rom]