Penjualan Obat Pengusir Hama di Parengan Meningkat

Reporter: Khoirul Huda

bloktuban.com - Terserangnya berbagai macam penyakit atau hama terhadap tanaman padi milik para petani, membawa keuntungan tersendiri bagi sebagian pemilik toko obat pertanian.

Hal itu terjadi di kawasan Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, beberapa pemilik toko mengaku, penjualan obat pertanian akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Pasalnya tanaman padi yang rata-rata telah berumur 60 keatas ini rentan terhadap serangan penyakit.

Salah satu pemilik toko obat di Desa Suciharjo, Yatno mengungkakan, musim-musim seperti ini obat hama dan penyakit serta obat rumput banyak dibeli para petani, utamanya adalah obat pencegahan hama wereng.

"Untuk obat hama wereng juga mulai laris, dalam sehari 10 botol lebih bisa laku, sedangkan kemarin-kemarin paling hanya 3-5 botol," tambahnya, Jumat (13/1/2017).

Obat-obatan tersebut sejenis Insektisida, Fungisida, dan Herbisida yang diperuntukkan untuk tanaman padi, agar tidak terkena penyakit maupun hama.

Terpisah penjual obat-obatan pertanian lain yang berada di Desa Selogabus, Febri (28) megatakan hal senada. Peningkatan penjualan obat-obatan saat ini, sudah berlangsung agak lama, peningkat hingga dua kali lipat.

"Lumayan musim seperti ini banyak petani yang melakukan penyemprotan, sebagai langkah mengusir serta mengantisiasi hama agar tidak meluas" pungkas Febri (28). [hud/ito]