Awal Musim Tanam, Harga Ternak Anjlok

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Awal tahun, harga ternak di Tuban mengalami penurunan. Menurut beberapa pedagang ternak di Pasar Hewan Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur terjadinya penurunan harga ternak lantaran memasuki awal tanam. Pasalnya, sebagian besar petani tidak lagi mengisi kandangnya, justru banyak yang mengosongkan kandang untuk biaya tanam mereka.

"Memasuki awal tahun justru harga ternak semakin menurun, lantaran bertepatan dengan awal musim tanam," ujar salah satu petani sekaligus pedagang sapi, Mun'am kepada blokTuban.com ketika ditemui di Pasar Hewan Jatirogo, Jum'at (13/1/2017).

Mun'am menjelaskan, penurunan harga sapi disinyalir adanya penurunan pembeli di kalangan petani untuk isi kandang. Menurut dia, harga sapi bisa kembali naik di saat memasuki musim panen beberapa bulan ke depan.

Petani asal Bangilan itu memaparkan, harga sapi turun drastis. Pun demikian, daya beli masyarakat juga ikut turun. "Harga sapi bibitan usia sekitar 3 bulan yang sebelumnya bisa laku Rp5 juta kini hanya mampu dijual dengan harga 4 sampai 4,5 juta per ekor," lanjutnya.

Penurunan harga sapi juga diikuti harga kambing. Di lokasi yang sama, salah seorang pedagang kambing Sutomo mengungkapkan, penurunan harga kambing mencapaia Rp300 ribu.

"Jika memasuki musim panen indukan kambing jenis gibas bisa mencapai Rp1 juta, namun saat ini hanya laku dijual Rp700 ribu," ungkap Sutomo sambil menunggu pembeli datang. [ rof/ito]