Umat Tri Dharma Bersihkan Klenteng Kwan Sing Bio

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka menyambut tahun baru Imlek, umat Tri Dharma di Tuban membersihkan Klenteng Kwan Sing Bio, Kamis (12/1/2016).

Ketua Umum TITD Kwan Sing Bio, Gunawan Putra Wirawan mengangkatakan persiapan jelang tahun baru orang Tionghoa tersebut dilakukan pembersihan tempat peribadatan. Ruangan tempat sembahyang dari Altar Tian atau Tuhan dan Altar Kongco tidak luput dilakukan pembersihan.

Pantauan blokTuban.com di lapangan, pembersihan utamanya dilakukan pada langit-langit klenteng terbesar di Asia Tenggara ini. Warna hitam pekat menutupi warna kuning langit-langit. Maklum banyaknya lilin berbagai ukuran hpir tiap hari menyala dan asap membumbung kearah atas.

"Persiapan menjelang tahun baru Imlek mulai hari, tepatnya Imlek tanggal 15 hingga 23 bulan 12 Imlek membersihkan seluruh ruangan. Bahkan nanti tanggal 23 memandikan yang mulia Kongco," kata Gunawan.

Pada peringatan Imlek, lanjut Gunawan kedatanga tamu dari luar kota rendah. Sebab pada hari raya Imlek, tiap umat bersilaturahmi ke sanak keluarga dulu baru ke klenteng.

"Kita kerjakan (pembersihan, red) sampai tanggal 20 Januari 2017, memasang lampion, tidak adakan acara, kita (umat, red) hanya silaturahmi," pungkasnya.[dwi/ito]