Diserang Wereng, Petani Bakar Tanaman Padi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Petani di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, membakar tanaman padi mereka yang menguning akibat serangan hama wereng. Mereka mengeluh keganasan hama tersebut yang sulit ditanggulangi.

Salah seorang petani, Kamijan (48) mengaku, dirinya sudah putus asa menanggulangi hama wereng yang menyerang padi miliknya. Menurut dia, sudah terlalu banyak mengeluarkan biaya, namun hama wereng tak bisa musnah.

"Takut menular ke yang lain, saya putuskan membakar padinya," ujar petani asal Desa Bate, Kecamatan Bangilan itu, Rabu (11/1/2016).

Ia menambahkan, para petani juga mengeluh tidak ada petugas yang melakukan penyuluhan hingga mereka terancam gagal panen. Padahal, kata dia, jika tanaman padi subur bisa panen hingga 3 ton gabah. Bisa jadi, ia hanya panen separuh dari hasil biasanya, akibat serangan hama wereng tersebut.

"Hampir separuh yang terserang wereng dari luas tanam 1/2 hektar padi jenis serang ini," tegas Kamijan.

Senada juga disampaikan petani lain Sugiarto (35). Padinya mulai diserang hama wereng sejak umur 60 hari. Setiap ada serangan wereng sudah bisa dipastikan padi akan menguning dan jika terus dibiarkan bisa mati.

"Sudah lima kali saya lakukan penyemprotan, biayanya juga cukup mahal," keluh petani asal Desa Kablukan itu menandaskan. [rof/rom]