Dinfokom Tuban akan Terapkan e-Planning

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Secara resmi berdiri di awal 2017, Dinas Informasi dan Komunikasi (Dinfokom) Kabupaten Tuban akan menerapkan e-Planning atau perencanaan program Pemerintah Kabupaten Tuban secara elektronik.

Kepala Dinfokom Tuban, Hery Prasetyo mengawali berjalannya dinas tersebut pertama kali di Tuban, dan berencana membangun sebuah 'sistem'. Sistem inilah yang menjadi acuan bagaimana peraturan dan target pembangunan di tingkat Pemerintah Kabupaten Tuban (Pemkab) dibuat dan dijalankan.

Hery mencontohkan, sebelumnya, ketika ada Musyawaran Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang dari tingkat desa hingga pemerintah daerah, bisa saja dilakukan revisi di tengah penetapan. Dari pengalaman sebelumnya, hal demikian lumrah terjadi dan tidak menerima sanksi apapun.

"Misalnya, tiba-tiba perangkat desa atau tokoh masyarakat mengajukan perubahan isi Musrenbang di tengah perjalanan, ini tidak bisa lagi," kata Hery, Senin (9/1/2017).

Apabila demikian, lanjut Hery, silahkan dalam Musrenbang diajukan beberapa hal dalam anggaran dari pembuatan proposal dan kebutuhan lainnya. Melalui Musrenbang desa, dari tingkat bawah, ketika hasil sudah masuk kemudian dikunci.

"Dari Musrencang desa masuk ke Murenbang kecamatan dipilah, desa mana yang prioritas perlu disepakati. Begitu masuk Pemkab kita kunci dan disingkronkan dengan SKPD," kata Hery merujuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). [dwi/rom]