Harga Cabai di Bangilan Tembus Rp95.000
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Sudah sepekan terakhir harga cabai di tingkat konsumen terus meningkat. Salah satunya di pasar milik pemerintah di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jumat (6/1/2017).
 
Saat ini, harga cabai merah jenis rawit, harganya terus meroket hingga Rp95.000 per kilonya. Sedangkan cabai rawit biasa berkisar Rp50.000 per kilogram. Harga tersebut mengalami kenaikan sebesar 100 persen. 
 
"Harga cabai makin tinggi, cabai rawit biasa di rumahan, seperempat kilogram seharga Rp15.000," terang Saminah (43), warga Bangilan kepada blokTuban.com, (6/1/2017)
 
Kenaikan harga cabai yang terjadi secara berturut-turut dalam sepekan terakhir disebabkan oleh stok cabai dari petani lokal berkurang. Pada musim hujan sepeti ini, para petani enggan menanam cabai karena takut gagal panen. 
 
"Musim ini tidak tanam cabai, lantaran musimnya padi," terang Kais, petani asal Banjarworo.
 
Sementara, warga yang kesehariannya biasa di pasar merasa eman jika melihat cabai yang busuknya tidak total dibuang oleh pemiliknya. Dengan mengais sisa dagangan cabai, seorang wanita tua bernama Tumbu, rela pulang siang menunggu tutupnya pasar.
 
"Sayang kalau harus dibuang, busuknya tidak seberapa, maka saya pilihi untuk memasak di rumah," ucap wanita 70 tahun itu.[rof/]