Gelontor Beasiswa 450 Juta di Penghujung Tahun

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sebanyak 300 siswa dari 24 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Tuban mendapatkan beasiswa dari PT Semen Gresik, operating company PT Semen Indonesia yang ada di Kabupaten Tuban.

Berbeda denga tahun 2015, perusahaan hanya memberikan beasiswa buat siswa yang berprestasi saja. Namun di tahun 2016, yang diberi beasiswa adalah siswa yang berprestasi namun berasal dari kalangan tidak mampu, supaya bisa tetap fokus belajar dan melanjutkan prestasi.

"Untuk seleksi (beasiswa) mereka terlebih dulu menulis berbagai hal mengenai Semen Gresik dan Semen Indonesia," jelas Kabiro Humas dan CSR Semen Indonesia, Wahyu Darmawan.

Satu siswa yang lolos seleksi mendapatkan beasiswa sebesar Rp1,5 juta. Total anggaran yang dikeluarkan perusahaan buat para siswa berprestasi itu sebanyak Rp450 juta.

Penerima beasiswa adalah siswa dari Kecamatan Tuban, Kecamatan Merakurak, Kecamatan Jenu, Kecamatan Tambakboyo, dan Kecamatan Semanding. Dengan prosentase 70 persen adalah sekolah terdekat wilayah operasi perusahaan.

Di penghujung tahun 2016, perusahaan juga melaunching dua program lain. Yakni program pemagangan siswa SMK berbasis vokasional yang merupakan kerjasama dengan SMK N 3 Tuban dan program pemagangan mahasiswa CSO (Community Development Officer) yang dikerjasamakan dengan Universitas Gajah Mada (UGM). [pur/ito]