H-1 Panitia Pilkades di Senori Mulai Dirikan TPS

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Satu hari lagi, pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Tuban di 16 Kecamatan yang tersebar di 36 Desa. Pesta demokrasi pada tanggal 8 Desember mendatang, terdapat 99 calon yang merebutkan kursi kepala desa.

Menghadapi Pilkades besok Kamis (8/12/2016), saat ini panitia Pilkades tengah menyiapkan sarana dan prasarana pencoblosan di wilayah kerja masing-masing. Di Desa Rayung, Kecamatan Senori misalnya, pagi ini panitia mulai mendirikan tempat pemungutan suara (TPS) di tiga tempat.

"H-1 panitia bersama anggota fokus pembuatan TPS," terang Ketua panitia Pilkades, Khoirul Huda, kepada blokTuban.com, Rabu (7/12/2016).

Lanjut Huda sapaan akrabnya menjelaskan, melihat kondisi geogrfis desa, tiga TPS dibagi di tiga tempat, yakni Dusun Kedungkebo di wilayah utara, di wilayah selatan ada di Dusun Giwang, dan yang di pusat desa ada di Balai Desa Rayung.

"Dari hasil pendataan panitia, pada Pilkades tahu ini ada 4946 pemilih yang sudah ditetapkan," kata Huda.

Menyikapi hal itu, pelaksana Pilkades mengharap partisipasi warga harus tinggi. Untuk menghindari hak yang bisa mengacaukan berjalannya Pilkades, kata dia, panitia awasi ketat kondisi desa terutama malam hari.

"Kita sudah siap gelar pencoblosan dan mulai tadi malam panitia keliling cari informasi sambil pantau indikasi perjudian Pilkades," Huda menandaskan.

Sementara Camat Senori, Eko Julianto ketika dikonfirmasi blokTuban.com menyatakan, di dua desa, Rayung maupun Katerban sudah siap menggelar pilkades serentak besuk Kamis. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas sosial keamanan dan ketertiban di dua desa tersebut.

"Kita mohon untuk masyarakat Senori mendoakan suasana di desa Rayung dan Katerban tetap aman," kata Camat kelahiran kota Jombang itu.

Kemudian lanjut Camat, nanti siang pukul 14.00 WIB, panitia dan KPPS dikumpulkan di kantor Kecamatan Senori dalam rangka Checking akhir persiapan hari H. Dilanjutkan pukul 16.00 WIB penerimaan BKO pasukan dari Brimob Polres Tuban di Mapolsek Senori. [rof/ito]