Pasca Banjir, PWI Bersama Kodim Adakan Pengobatan Gratis

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pasca banjir yang terjadi di wilayah Tuban, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban dan Komandam Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban mengagendakan bakti sosial pengobatan gratis di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Selasa (6/12/2016).

Diketahui, kegiatan pengobatan massal gratis ditujukan bagi warga terdampak banjir Bengawan Solo. Sebelumnya, sekitar sepuluh hari desa yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo tersebut terisolir akibat luapan banjir.

"Pengobatan gratis kali ini membantu warga pasca banjir yang tidak tersentuh pengobatan dari luar sebelumnya," kata Kepala Desa Tambakrejo, Karsilan.

Pengobatan dilakukan di balai desa setempat dengan tim medis dan sejumlah obat-obatan yang dibutuhkan warga terdampak, silih berganti warga bergantian mendatangi lokasi bakti sosial dengan keluhan kesehatan masing-masing.

Salah seorang warga, Karsimah (50) mengaku menderita demam pasca banjir yang surut dua hari ini. Ia mengeluhkan sejak kemarin tidak enak badan, menggigil lantaran kondisi panas tubuh yang naik turun.

"Tadi diperiksa tekanan darah yang ternyata mencapai 130 diatasi biasanya, dan sekarang antre untuk disuntik," kata perempuan asal Dusun Klubuk, Desa Tambakrejo itu.

Sementara, Pembantu Letnan Kolonel Dua (PELDA) Agung Budiono selaku kaposkes 05.10.07/Kodim 0811 Kabupaten Tuban mengatakan, sejauh ini penyakit gatal dan batuk pilek yang dikeluhkan warga pasca banjir. Beberapa obat disediakan yakni Amoxilin, Piroxicam dan Analgesic yang merupakan obat dasar dalam meringankan penyakit warga.

"Obat yang disediakan berkaitan dengan keluhan warga seperti batuk pilek atau ispa dan gatal-gatal," kata Agung menambahkan. [dwi/rom]