Program APP, Entaskan Kemiskinan di Kabupaten Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam upaya percepatan Gerakan Terpadu Pengentasan Kemiskinan (Gardu Taskin) di Kabupaten Tuban, Pemerintah Kabupaten Tuban melaksanakan Program Anti Poverty Program (APP).

Program yang diawali sejak tahun 2007 tersebut menyasar penduduk miskin di suatu kawasan yang berpotensi untuk mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan disertai pendampingan bagi masyarakat penerima bantuan.

"Pelaksanaan APP di Kabupaten Tuban telah diawali pada tahun 2007 dan terus dikembangkan dan dilestarikan sampai saat ini," ungkap Imron Achmadi, Kabid Ekonomi Bapeda Tuban.

Lanjut Imron, dalam pelaksanaannya APP mempunyai konsep dasar pemberdayaan usaha ekonomi produktif. Sasarannya kelompok masyarakat miskin yang difasilitasi dengan Mitra Uasaha sebagai penampung atau pembeli hasil produksi dari Kelompok Masyarakat (Pokmas).

"Ada lima bidang yang menjadi lingkup program APP Kabupaten Tuban," papar Imron.

Ruang lingkup dari Program APP tersebut mencakup beberapa bidang. Yakni, Bidang Pertanian, Bidang Perikanan, Bidang Kehutanan, Bidang Industri dan Perdagangan serta Bidang Peternakan.[hud/col]