Hari ini Terakhir Pencarian Dilakukan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebanyak 12 ABK KM Mulya Jati yang belum ditemukan terus dilakukan pencarian oleh Tim SAR. Pencarian dilakukan sejak pertama kecelakaan terjadi, Sabtu (19/11/16).

Saat itu Kapal Nelayan Tradisional KM Mulya Jati akan berlayar, dan tiba disekitar perairan laut Tuban mengalami kecelakaan laut bertabrakan dengan Kapal Vietnam MV Tay Son 4.

Kasi Ops Basarnas Surabaya, Gusti Anwar mengatakan, bahwa pencarian sudah dilakukan selama satu minggu sejak pertama kecelakaan terjadi. Jadi hari Jumat ini pencarian akan diakhiri, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Hari ini terakhir pencarian dilakukan," ujar pria berpangkat empat balok di pundak kepada blokTuban.com (Jumat, 25/11/16)

Lebih lanjut Gusti menjelaskan, jika pencarian sudah dilakukan jauh meninggalkan titik bangkai kapal berada. Sebab, bangkai kapal sudah tenggelam didasar laut setelah upaya pengangkatan bangkai kapal tidak berhasil dilakukan.

Selain itu, derasnya arus ke arah barat juga mempengaruhi pencarian ke 12 korban yang belum ditemukan. Jadi pencarian akan dilakukan hingga masuk wilayah perairan Semarang.

"Semoga pencarian korban hari ini bisa menemukan hasil, kami akan berupaya semaksimal mungkin," pungkasnya.[nok/ito]