Pemkab Tuban Berencana 'Kendalikan' Semen Nasional

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana akan menjadikan Tuban sebagai pengelola dan pengendali industri semen Nasional.

Informasi yang diterima blokTuban.com dari Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, produksi semen di Tuban mencapai hampir 17 juta ton dari dua industri semen yang ada. Dikatakan, produksi semen dari PT Semen Indonesia mencapai 13,5 juta ton dan PT Holcim Indonesia sekitar 3,5 juta ton.

"Pemkab Tuban telah melaksanakan rapat dengan Kepala Staf Kepresidenan guna menjadikan Tuban sebagai contoh daerah yang mengendalikan industri semen," terang Nahar, Kamis (24/11/2016).

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabupaten Tuban memang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) batu kapur. Selain itu juga terdapat zat tanah yang produktif sebagai bahan baku campuran semen.

Tak heran sejumlah perusahaan semen berkeinginan melakukan investasi di Bumi Wali guna memproduksi sesuai target dari perusahaan. Saat ini sudah berdiri pabrik semen berskala International di Tuban yaitu PT Semen Indonesia dan juga PT Semen Holcim, dan sebentar lagi akan ada pabrik semen lagi di Tuban yang sudah mengajukan izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) kepada Bupati Tuban. [dwi/col]