Konstruksi Pavilion Tahap Dua Telan APBD Rp 33,2 Miliar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Biaya pembangunan konstruksi pavilion Rumah Sakit Umum Daerah Dr R Koesma Tuban pada tahap dua menelan Rp 33,2 Miliar dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebut dana tersebut berasal dari APBD tahun 2016. Dana Rp 33,2 Miliar tersebut hanya sampai pada pengerjaan fisik atau konstruksi bangunan. Pada sisi lain, dibangunnya gedung pavilion tahap dua dikarenakan selama pengoperasian gedung pavilion Wijayakusuma tingkat hunian Bed Occupation Rate (BOR) selalu tinggi lebih dari 80 persen.

"Nanti akan dilengkapi dengan tempat tidur sebanyak 50 ruang," ujar Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

Lebih lanjut, Nahar mengungkapkan ruang perawatan yang sudah dimiliki sampai saat ini berjumlah 293 tempat tidur. Selain itu 30 tempat tidur berada di gedung pavilion tahap satu yaitu pavilion Garha Aryo Tejo.

"Anggaran senilai Rp 33,2 Milyar tersebut belum termasuk perlengkapan ruangannya, di mana kebutuhan meubeler dan perlengkapan rumah tangganya akan dipenuhi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017, yang mana masing-masing sebesar Rp 2 Milyar,” kata orang nomor dua di Kabupaten Tuban tersebut.

Nahar menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan perencanaan teknis yang telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2014, pembangunan pavilion tahap 1 pada tahun 2015, dan pembangunan tahap dua yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.[dwi/ito]