BPBD: Tidak Berpotensi Gempa Susulan
Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Gempa bumi tektonik yang terjadi siang tadi sekitar pukul 13.44 WIB tidak berpotensi menimbulkan gempa susulan. Gempa dengan kekuatan berskala 3.3 richter itu hanya terjadi sesaat dan tidak terjadi kembali.
 
 
Plt Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan, berdasarkan hasil kajian antara BPBD dengan BMKG terkait gempa tektonik yang terjadi siang tadi, tidak ditemukan tanda-tanda akan adanya gempa susulan.
 
"Hasil kajian atau analisis kami tidak ada gempa susulan," ujar Joko kepada blokTuban.com
 
Mantan Camat Widang itu mengimbau kepada masyarakat pesisir Tuban khususnya nelayan, agar tidak terpengaruh dengan adanya isu gelombang tsunami, karena lokasi atau titik gempa siang tadi berada di sekitar perairan laut Tuban.
 
"Gempa tadi siang tidak menimbulkan tsunami, jadi jangan terpancing dengan isu-isu lain," ujarnya.
 
Joko menambahkan, untuk saat ini warga harus tetap tenang, karena gempa tektonik sudah berlalu. Selain itu, untuk keakuratan data lebih baiknya warga menunggu informasi dari BPBD.
 
"Lebih baiknya menunggu data dari BPBD, untuk menghindari isu-isu yang tidak benar," pungkasnya.
 
Diketahui, gempa tektonik terjadi pada titik koordinat 6.84 LS dan 112.10 BT, tepatnya diperairan laut pada jarak 9 KM arah timur laut Tuban dengan kedalaman 15 kilometer. [nok/col]