Banyak Hutang, Pemkab Tak Bisa Rujuk ke RSUD Dr. Soetomo

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTubab.com - Pemerintah Kabupaten Tuban tidak bisa berbuat banyak, disaat pengobatan terhadap pasien kurang mampu atau miskin hanya bisa sampai pada RSUD Dr.Koesma.

Jika sebelumnya, pasien dalam keadaan parah bisa dirujuk hingga ke RSUD Dr.Soetomo, kini hal tersebut sudah tidak bisa lagi dilakukan, lantaran Pemerintah Kabupaten Tuban telah menanggung hutang sebanyak 4 miliar di Rumah Sakit yang berada di kota Surabaya itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, bahwa memang hutang Pemkab Tuban terhadap RSUD Dr.Soetomo surabaya sangatlah berdampak.

Saat ini pasien miskin dari Tuban yang sebelumnya dirawat di RSUD Dr.Koesma tidak bisa dirujuk ke Surabaya.

"Tidak bisa dirujuk di RSUD Dr.Soetomo, karena hutang kita sudah banyak," ujar Saiful sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Kamis (17/11/2016).

Dengan keadaan tersebut, secara otomatis akan membuat pasien miskin yang menderita penyakit kategori parah hanya akan mendapatkan pelayanan di RSUD Dr.Koesma saja.

"Ya pasien miskin hanya akan dirawat di rumah sakit milik Pemkab saja, kalau untuk dirujuk di RSUD Dr.Soetomo ya tidak bisa," jelasnya.

Alumnus FK Unair itu menambahkan, meski hanya dirawat di RSUD milik Pemkab, namun upaya pelayanan tetap akan dilakukan secara maksimal, agar pasien miskin atau kurang mampu merasa nyaman.

"Tetap akan dilayani dengan baik, karena itu sudah menjadi kewajiban dari kami," pungkasnya. [nok/rom]