Penggunaan DD di Kenduruan Diprioritaskan untuk Pembangunan Fisik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban tahap satu tahun 2016, terealisasi 100 persen. Diharapkan, untuk tahap kedua penggunaannya sesuai dengan peruntukkan.

Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Kenduruan, Eko Wardono kepada blokTuban.com Rabu (15/11/2016) mengatakan, pencairan DD dan ADD tahun 2016 tahap pertama, sudah terealisasi secara keseluruhan ke masing-masing desa di sembilan wilayah desa yang ada di Kenduruan.

"Di setiap desa realisasinya tahap dua juga hampir 70 persen pencapaian," ujar Eko Wardono saat ditemui di kantornya.

Menurut dia, realisasi DD di setiap desa masih memprioritaskan pembangunan fisik. Sedangkan ADD untuk revitalisasi kantor desa dan peningkatan keadministrasian Pemerintah Desa.

"Namun kegiatan fisik kita batasi 3-5 kegiatan, tujuannya agar tuntas tidak diecer-ecer," tegas Sekcam.

Sementara di bidang pemberdayaan, pihaknya menjelaskan, di tahun 2016, desa masih belum ada yang merealisasikan DD untuk itu. Menurut pria yang akrab dipanggil Eko itu, direncanakan tahun 2017 harapannya hal itu dapat terealisasi.

"Tahapan pemberdayaan masyarakat akan terus kita lakukan, rencananya ada dua desa yang disiapkan untuk membentuk semacam badan usaha," pungkas Eko.[rof/col]