Dana PKH Masih Belum 100 Persen Tepat Sasaran

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com -  Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dinilai masih belum tepat sasaran. Bahkan, dari pantauan yang ada, masih bisa dijumpai penerima dana keluarga sangat miskin (KSM) terlihat berkecukupan. Para ibu-ibu ketika mengambil bantuan banyak yang pakai perhiasan, kendaraan bermotor bahkan gadget yang dibawa juga mentereng.

Diketahui, PKH merupakan program nasional yang diberikan bagi Keluarga Sangat Miskin (KSM). Untuk mendapatkan PKH, ditetapkan syarat kondisional penerima dan diberikan kepada ibu-ibu. Pemerintah beri syarat penerima PKH adalah dari KSM dan semuanya ibu-ibu. Jadi bapak-bapak tidak bisa, sebab harus hamil, melahirkan, serta merawat.

Sekretaris Desa Jatiklabang, Kecamatan Jatirogo, Tuban Rusman ketika ditemui blokTuban.com membenarkan hal itu. Pihaknya menjelaskan, terkait tambahan penerima dan jangkauan PKH pihaknya telah bekerjasama dengan seluruh RT yang memiliki pengawasan terhadap KSM. Pihaknya juga sudah mengajukan kepada para pendamping.

"Namun saya juga bingung, kenapa yang KSM pernah kita ajukan tidak dapat, justru yang dapat rata-rata data lama dan mereka sudah mampu," jelas Rusman, Senin (7/11/2016).

Menurut Rusman, di Desa Jatiklabang, Kecamatan Jatirogo terdapat 112 penerima dana PKH. Sepuluh persen (10 persen) lebih bisa dikategorikan non KSM. Justru KSM yang benar-benar berhak malah tidak dapat.

"Pemerintah Desa (Pemdes) sudah berusaha, tapi ternyata data penerima masih ada yang kurang tepat sasaran," imbuhnya.

Kades menambahkan, pihaknya berharap untuk tahun 2017 dana yang akan dicairkan bisa sesuai keadaan masyarakat di desa dan KSM dapat terjangkau. Tujuannya, kata dia, biar tidak ada lagi warga yang protes dan menyalahkan perangkat desa.[rof/col]