Agar Trampil, Kunjungi Dapur Batik di Solo

Reporter: Parto Sasmito/blokBojonegoro.com

blokTuban.com - Totalitas dilakukan PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu terhadap kelompok masyarakat binaannya. Salah satunya kelompok pemroduksi Batik Cengkir Gading, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 15 orang mewakili empat kelompok batik dari Cepu, Wado, Sumber dan Nglebur.

Studi banding dilaksanakan ke Batik Sidomulyo, Kota Solo, 3-4 November 2016. Pejabat PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu yang mendampingi Kartika Tiara. "Kegiatan ini dilaksanakan untuk peningkatan keterampilan dan pengetahuan pengrajin batik binaan kami," kata Tiara, panggilan akrabnya.

Tiara menjelaskan, materi di hari pertama dilakukan dengan mengunjungi pabrik malam yang sekaligus tanya jawab langsung. Perwakilan kelompok bisa melihat dari dekat proses pembuatan malam sampai pemasarannya.

"Selanjutnya kunjungan ke dapur Batik Sidomulyo, dimana peserta belajar dan praktik melalukan pewarnaan dengan pewarna alam indigo," jelasnya.

Peserta studi banding cukup antusias, karena dapat berdiskusi langsung dengan pembatik, terutama pewarnaan. Sebab, hasil batik bisa lebih maksimal sekaligus bernilai jual tinggi. Tidak hanya itu, ada juga pewarnaan sintesis dan pengolahan limbah, sehingga ramah lingkungan.

"Luar biasa, para perwakilan kelompok sangat senang dan antusias. Apalagi banyak ilmu yang didapat ketika di Solo," sambungnya. [ito/rom]