Kades: Hippam Tirto Langgeng Penuhi Air Warga

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Desa Ngimbang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban tampaknya tidak perlu susah dalam memenuhi kebutuhan air saat ini. Sebab, sejak tahun 2012 silam, desa yang terkenal akan kegersangan tanahnya itu sudah mempu memenuhi kebutuhan air warga.

Melalui Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam) desa setempat, kini warga Desa Ngimbang tidak lagi susah untuk mendapatkan air. Bahkan warga sudah tidak lagi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Kades Ngimbang, Yayik Ahmad Wijaya mengatakan, semenjak ada Hippam warga sudah tidak perlu takut untuk tidak bisa menggunakan air, karena Hippam Tirto Langgeng mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Semua warga Ngimbang sudah merasakan manfaat dari keberadaan Hippam," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (3/11/2016).

Lanjut Kades menambahkan, dengan keberadaan Hippam Tirto Langgeng yang mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat setempat, ternyata juga mampu memberikan bantuan atau laba terhadap desa.

"Tirot Langgeng mampu memberikan 25 persen bagi desa atas hasil laba bersihnya," jelas Kades.

Sementara itu, ketua Kelompok Hippam Tirto Langgeng, Wardjoyo menyatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh Hippam yang dipimpinnya adalah bentuk sebuah pengamalan bagi desa. Sebab, jika mampu untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan, mengapa tidak dilakukan.

"Ini murni kita lakukan sebagai bentuk pengabdian kepada desa Ngimbang, agar masyarakat tidak lagi kesulitan dalam memperoleh air bersih," pungkasnya. [nok/rom]