KONI: Atlet Panjat Tuban Harus Profesional

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Atlet panjat di Kabupaten Tuban disiapkan untuk meraih emas dalam kejuaraan Porprov 2019 mendatang.Target tersebut dapat terwujud apabila ada sinergi antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), orang tua atlet, dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Tuban.

Ketua KONI Tuban, Mirza Ali Mansyur mengatakan, bahwa kemampuan atlet Tuban tidak kalah menterengnya dengan kabupaten/kota lain di Jawa Timur. Terbukti tahun ini, kata dia, atlet panjat Dwi Anwar mampu meraih medali perunggu di Kejurprof KU FPTI Jatim, dan Ahadi Febrianto meraih Medali Perunggu sirkuit FPTI Jawa Timur.

"Atlet panjat Tuban harus profesional dan semangat untuk meraih prestasi," tegas Mirza, Jum'at (28/10/2016).

Lebih lanjut, ketua KONI periode 2016-2020 itu menambahkan, Ahadi Febri sebenarnya dapat meraih medali emas, lantaran suhu lingkungan di Malang dingin alhasil selisih lima point dengan juara pertama.

"Raihan ini membuktikan atlet Tuban mampu, asalkan ada kemauan dan semangat maju," imbuhnya.

Pihaknya juga berharap FPTI Tuban melalui kejuaraan Porkab IV 2016, dapat melakukan penjaringan atlet panjat masa depan. Dari 74 usia SD/SMP/SMA yang terlibat, minimal 10 persennya dapat profesional.

Sementara, Ketua Pelaksana Cabor Atlet wall climbing FPTI Tuban, Ghoto, mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan antusias peserta. Selama dua hari hingga tanggal 29 Oktober 2016, seluruh atlet akan berkompetisi dalam dua kategori perlombaan.

"Pertama lead junior putra dan putri under age 18 tahun, dan speed calssic junior putra dan putri under age-18 tahun," paparnya.[rof/]