Kembangkan Potensi Batik Gedog, Pemerintah Harus Bersinergi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam kunjunganya ke Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu, Rabu (26/10/2016). Istri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia (RI) Bintas Puspa Yoga dengan pendampingan dari pemilik sanggar melihat langsung proses memintal benang, menenun dan membatik yang dilakukan oleh kaum hawa.

Setelah melihat dan mengetahui potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tuban mulai bahan baku hingga Sumber Daya Manusia (SDM) nya yang telah turun temurun membatik.

"Ini merupakan potensi besar yang harus menjadi perhatian kita bersama," ungkap saat berada di Sanggar Sekar Ayu,

Lanjut, untuk meningkatkan maupun mengembangkan potensi besar itu kami bisa melakukan dengan terintegrasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah maupun pusat dan swasta seperti halnya CSR dari perusahaan-perusahaan terdekat.

"Kami yakin kalau itu dilakukan bersama-sama potensi itu akan berkembang cepat," pungkaasnya.

Diketahui setelah melihat proses membatik di Sanggar Ayu, istri Mentri Koperasi dan didampingi oleh Dirut Keuangan Umum, Lembaga Pemasaran dan Pemodalan (LPP) dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) Republik Indonesia itu melihat koleksi batik pemilik sanggar yang usianya sudah ratusan tahun.[hud/ito]