Poltana Mapend Sebar 1.500 Bibit Pohon

Pengirim: Retna Dewi Lestari SP, MSi

blokTuban.com - Peran serta masyarakat dalam pencapaian pertanian yang berkelanjutan sangat diperlukan, salah satunya peran dari institusi pendidikan. Oleh karenanya Poltana (Politeknik Pertanian dan Peternakan) Mapena Tuban, mengadakan kegiatan bakti sosial pemberian 1.500 bibit pohon bagi kelompok tani dan kuliah umum bertajuk “Pertanian yang Terintegrasi dan Berkelanjutan dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal”, Rabu (26/10/2016).

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Adang W sebagai pembicara dalam acara tersebut mengungkapkan, isu strategis pembangunan pertanian dalam lima tahun ke depan adalah bagaimana meningkatkan daya saing produk-produk pertanian, yang semakin hari nilainya semakin menurun.

“Penyebab produk-produk pertanian kita belum berdaya saing, karena masih tingginya biaya produksi akibat tidak terintegrasinya usaha pertanian,” ujarnya.

Pemberian bibit pohon secara simbolis kepada 7 kelompok tani di sekitar Tuban Selatan, dilakukan pada Rabu (26/10). Diharapkan dengan adanya kegiatan pemberian bibit pohon jati, sengon, dan trembesi kepada kelompok tani di Daerah Tuban Selatan, mampu menciptakan ketersediaan sumber air tanah yang berfungsi untuk mendukung proses produksi pertanian. [col]