Wabup: Anggaran Koni Berat untuk Dinaikkan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Rencana kenaikan anggaran bagi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban yang disampaikan Ketua DPRD ditentang oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

Pasalnya, berdasarkan informasi bahwa di tahun depan akan kembali terjadi pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah.

"Ya dilihat dulu anggaran kita, tapi rasanya berat untuk dinaikkan," kata Noor Nahar kepada blokTuban.com (Jumat, 21/10/16)

Beberapa pertimbangan menjadi alasan Wabup dalam mengungkapkan keberatan kenaikan anggaran KONI. Dintaranya pemotongan DAU dan APBD Kabupaten yang masih banyak terserap oleh dinas yang lain.

"Pemotongan DAU salah satu faktornya, postur anggaran APBD juga masih banyak dibutuhkan di pos-pos lain," ujar Wabup.

Namun, meski demikian politikus PKB itu masih memberi sinyal positif jika APBD Kabupaten masih mencukupi maka bukan tidak mungkin anggaran untuk KONI bisa untuk dinaikkan.

"Kalau anggaran APBD cukup ya bisa saja naik, tapi jika berat ya tidak mungkin dipaksakan untuk naik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Tuban, Miyadi menyebutkan, bahwa anggaran KONI di tahun ini sebesar 4,750 miliar dan akan naik 250 juta ditahun 2017, jadi di tahun depan anggaran KONI genap menjadi 5 miliar.[nok/ito]