Di Bumi Wali Ada 454 Penderita AIDS

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban, jumlah penderita penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) masih tergolong tinggi.

Dalam data yang dihimpun Dinas Kesehatan Tuban menyebutkan, sebanyak 454 warga Tuban mengidap penyakit AIDS. Adapun rinciannya sebagai berikut, laki-laki sebanyak 249 dan Perempuan sebanyak 205.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, bahwa jumlah warga Tuban yang mengidap AIDS masih tinggi. Terbukti dengan hasil pendataan yang masuk di Dinas Kesehatan.

"Masih tinggi, banyak faktor yang melatarbelakangi tingginya jumlah penderita AIDS," ujar Saiful sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Jumat (14/10/2016).

Selanjutnya, Saiful menjelaskan, adapun faktor-faktor yang menyebabkan tingginya AIDS di Tuban adalah hubungan seks dengan pengidap tanpa menggunakan pengaman. Selain itu juga melalui transfusi darah, serta ibu menyusui.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tidak menularnya penyakit AIDS bagi keluarga, maka harus waspada penyebarannya.

"Harus hati-hati dalam berhubungan intim, itu salah satu upaya untuk menekan angka penderita AIDS," pungkasnya. [nok/rom]