600 Pohon Gayam Ada di Desa Sumber

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Gayam merupakan tanaman khas bagi warga Desa Sumber Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Tak heran, pohon buah inipun dapat diolah senikmat dan serenyah mungkin, hingga bisa memanjakan lidah.

Di Desa Sumber, hampir sebagian masyarakatnya memiliki pohon gayam yang tertanam di samping kanan kiri rumah atau bahkan di lahan persawahan.

Baca juga [Keripik Gayam, Keripik Khas Desa Sumber]

Petani Gayam, Isman mengatakan, memiliki pohon gayam sudah sejak lama, karena merupakan warisan dari keluarga. Hingga saat ini sekitar 50 pohon gayam dimilikinya dan dipanen ketika musimnya tiba.

"Ada sekitar 50 lebih kalau untuk tanaman Gayam milik saya," ujar Usman kepada blokTuban.com, Kamis (13/10/2016).

Sementara itu, pihak desa yang diwakili Sekretais Desa setempat, Triyono menyatakan, untuk total keseluruhan pohon gayam yang ada di Desa Sumber diperkirakan jumlahnya mencapai 600 batang pohon. Sebab, hampir semua masyarakat memiliki pohon gayam.

"Jika 600 pohon gayam, kemungkinan besar ada," terangnya.

Dia juga berharap, agar pohon gayam bisa dilestarikan di desanya, dengan cara menambah pembibitan di lahan-lahan yang produktif. Misalnya, di pinggiran aliran sungai.

Dengaan upaya pelestarian tersebut, maka sudah barang tentu akan membantu kearifan lokal warga Desa Sumber dalam melestarikan Gayam.

"Pihak desa akan melakukan pembibitan, tujuannya adalah untuk melestarikan Gayam di Desa Sumber," pungkasnya. [nok/rom]