2 Hektare Lahan di Kecamatan Kerek untuk Hutan Kota

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Masyarakat Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban telah dibangunkan hutan kota oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Hutan kota yang dibangun kurang lebih dua tahun ini digadang-gadang akan dijadikan sebagai salah satu wahana wisata di Kecamatan Kerek.

Hutan kota yang merupakan program dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban itu dibangun di lahan kas desa seluas dua hektare. Sesuai dengan kesepakatanya bahwa tiga tahun pertama ini hutan kota masih dalam perawatan/penanganan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban.

"Hutan kota Kerek hingga saat ini masih dalam penanganan dan perawatan Dinas Pertanian Tuban, kami hanya menyediakan lahan saja," ungkap Mudhofir Sekretaris Desa (Sekdes) Margomulyo saat ditemui blokTuban.com, Selasa (11/10/2016).

Masih kata Mudhofir, meski tanah yang digunakan adalah Tanah Kas Desa Margomulyo, namun saat ini Pemerintah Desa masih belum memiliki kewenangan untuk merawat maupun mengelola hutan kota tersebut.

"Alasannya, setelah berjalan tiga tahun hutan itu baru akan diserahkan ke desa," tambah Mudhofir.

Dalam papan informasi yang ada, hutan kota yang ditanami berbagai macam pepohonan dan pagar keliling serta sebuah gapura berukuran besar
sebagai pintu masuknya itu dibangun dari dana P-APBD 2015 itu menghabiskan dana Rp330.864.000.[hud/col]