Pohon Siwalan Roboh Timpa Dua Rumah

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Angin kencang yang melanda Kabupaten Tuban di awal musim penghujan ini, merobohkan pohon siwalan yang menimpa dua rumah di Dusun Pasekan, Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang.

Rumah tersebut, adalah milik Sarwi (41) dan Rusman (31). Sebelum roboh, pohon siwalan tersebut memang sudah miring dan condong ke arah rumahnya. "Jadi ketika hujan deras campur angin, pohon itu langsung roboh menimpa atap rumah," kata Sarwi.

Atap dari rumah berdinding anyaman bambu milik Sarwi itu langsung rusak. Selain itu, rumah milik Rusman, yang terhitung masih familinya juga terkena imbasnya, dan mengakibatkan banyak perabotan rumah yang rusak.

Sarwi menjelaskan, sebelum hujan deras dia sudah mengkhawatirkan pohon tersebut akan menimpa rumah miliknya. Karena selain miring, pohon yang lebih sering disebut pohon bogor itu juga sudah terlihat lapuk.

"Tapi mau memotong tidak berani, karena pohon itu bukan milik saya. Sebelumnya, saya juga sudah minta ke pemilik pohon agar pohon itu ditebang," kata Sarwi.

Kepala Desa (Kades) Tasikmadu, Puji Pradjoko menjelaskan, desa akan memberikan bantuan untuk dua pemilik rumah. Pasalnya, dua warga tersebut juga masuk kategori kurang mampu.

"Selain itu, kami akan memfasilitasi supaya pemilik pohon bertemu dengan mereka sehingga bisa diselesaikan secara kekeluargaan," tandasnya. [pur/rom]