Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menaruh perhatian khusus pada kasus sampah di Tuban Bumi Wali. Terkait soal ini telah dibangun tiga unit Tempat Pengelolaan  Sampah (TPS) dan dua TPS Reuse, Reduce, Recycle (3R).


Seperti diketahui, sampah yang diproduksi di sejumlah kecamatan, seperti di Kecamatan Tuban Tuban kota, Semanding, Palang dan Jenu, setiap hari memproduksi hampir 170 kubik sampah

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menyatakan, permasalahan sampah salah satunya di Kecamatan Palang saat ini telah menjadi target penanganan.

“Nantinya TPS-TPS tersebut akan segera dioprasionalkan sambil menunggu proses pengadaan sarana prasarana penunjang lainnya selesai,” ungkapnya kepada blokTuban.

Kecamatan Palang, lanjut Noor Nahar merupakan salah satu jalan nasional dan selalu ramai. Sehingga perlu segera ditangani serius agar tercipta lingkungan yang bersih di Kabupaten Tuban.

"Dengan dibangunnya TPS-TPS tersebut diharapkan masyarakat bisa mengelola dengan baik, sehingga simbol kota tuban sebagai kota Adipura Kirana bisa tercermin dalam setiap perilaku masyarakat.[dwi/col]