Jumlah Siswa Baru di SDN Sumurgung Merosot

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa tahun belakangan ini, peserta didik baru yang mendaftar di beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, terus mengalami kemerosotan.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Sumurgung, Tumardi. Ia mengatakan, beberapa tahun ini jumlah orang tua yang menyekolahkan anaknya di SDN semakin menurun, hal itu tidak hanya terjadi di sekolah yang dipimpinya saja, namun juga terjadi di beberapa SDN lainnya.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari SDN tersebut tercatat, dari tahun 2009 hingga 2016 jumlah murid yang mendaftar terus menurun.

"Dari tahun 2009 pendaftar ada 27 siswa, 2010 pendaftar 9 siswa, 2011 pendaftar 10 siswa, 2012 pendaftar 19 siswa, 2013 pendaftar 8 siswa, 2014 pendaftar 18 siswa, 2015 pendaftar 18 siswa dan yang terakhir 2016 pendaftar hanya 7 siswa," ujarnya kepada blokTuban.com sambil memeriksa di buku jurnal, Kamis (6/10/2016).

Hal ini dikarenakan, orang tua murid yang berada di kawasan Kecamatan Montong khususnya, mempunyai basis Madrasah yang tinggi, sehingga lebih memilih di Madrasah dari pada di SDN, dan mengakibatkan jumlah pendaftar di SDN kian tahun kian menurun.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan murid harus dengan cara sehat, disamping itu untuk menarik minat masyarakat, dirinya juga berusaha membuat permainan-permainan serta memperindah lingkungan dan meningkatkan ilmu keagamaan di sekolah.

"Saya berharap murid SDN Sumurgung ini semakin banyak dan masyarakat bisa tertarik dengan kegiatan keagamaan, dan kualitas pendidikanya," tambah Tumardi.

Diketahui, jumlah semua siswa-siswi di SDN Sumurgung pada tahun lalu 86 siswa, namun tahun ini menurun menjadi 82 siswa. [hud/mu]